Begini Cara Paling Mudah Untuk Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

39 View

Setiap orang pasti akan merasa emosi, saat sedang menggunakan laptop, kemudian laptop mati secara tiba-tiba dan tidak bisa menyala. Apalagi jika kamu belum melakukan penyimpanan data, sebelum laptop yang kamu gunakan mati. Hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara yang akan menjadi topik pembahasan kali ini.

Pada Laptop yang tidak mau menyala memang bisa menyebabkan kepanikan bagi pemiliknya. Bagaimana tidak, semua pekerjaan, gambar, dokumen, dan lainnya yang terdapat di dalam penyimpanan Laptop terancam hilang. Untungnya, ada beragam cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala yang bisa sobat Satupos.com coba peraktikan di rumah.

Nah memang ada banyak hal yang menjadi penyebab laptop tidak bisa menyala. Hal tersebut mungkin termasuk masalah adaptor daya, monitor laptop, memori, hingga kerusakan komponen pada motherboard sekaligus. Maka dari itu, kamu bisa menerapkan deretan cara menghidupkan laptop yang mati dengan menyimak pembahasan kali ini.

Meski laptop tidak nyala ini jarang ditemui, tapi sekalinya ketemu sangat merepotkan untuk memperbaikinya dan sangat membuat khawatir kita untuk segera ingin memperbaikinya. Memang banyak sekali pemicu laptop tidak bida menyala. Oleh itu kamu perlu memelihara laptop agar tetap bisa di gunakan dengan baik.

Mungkin laptop kamu bisa nyaka namun berwarna abu-abu dan tidak bisa menampilkan menu yang kamu inginkan. Umumnya penyebab laptop tidak menyala, kebanyakan dari komponen bagian dalam, dan biasanya berhubungan dengan power laptop. Misalnya yang paling umum ialah:

  • Charger atau baterai
  • Processor
  • Motherboard
  • Dan VGA
  • Dan lain-lain sejenisnya.

Sebelum menuju ke tempat service, silakan ikuti dulu langkah-langkah ini yang admin sarankan untuk kamu mengatasi laptop yang tidak mau menyala. Beberapa ini kadang saya coba, dan laptop bisa nyala lagi seperti semula.

Begini Cara Paling Mudah Untuk Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

Kalau laptop sudah terlalu sering digunakan, sangat wajar kalau mengalami kerusakan pada baterai ataupun komponen lainnya. Gantilah baterai laptop kamu, jika baterai laptop sering bocor atau cepat habis. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada adaptor laptop nya. Karena adaptor berfungsi untuk pengisian daya laptop dengan baik yang bisa mempengaruhi baterai.

Selain itu kamu juga bisa melepas RAM, membersihkan perangkat keras pada laptop, atau mengganti monitor internal dengan eksternal. Kalau mengalami kebingungan mengapa laptop tidak bisa menyala atau mati secara mendadak, kamu tidak usah panik, coba ikuti tips berikut ini.

Cek Baterai Laptop

Yang pertama dilakukan untuk mengatasi laptop tidak bisa menyala atau mati mendadak, kamu bisa mengecek kembali baterai laptop dan kembali memasangnya. Coba cabut dan pasang kembali, laptop saya pernah tidak bisa nyala, namun jadi normal kembali setelah melakukan hal ini.

Memakai Charger atau Tanpa Baterai

Yang kedua, cobalah untuk memakai laptop dengan keadaan charger yang terhubung agar memaksimalkan laptop kamu tetap menyala saat di gunakan. Cara ini digunakan jika baterai kamu benar-benar sudah tidak bisa dipakai lagi. Dimana ketika baterai laptop sudah rusak, laptop masih bisa menyala tapi biasanya akan mati sendiri dalam jangka waktu tertentu dan itu bisa kamu atasi dengan cara ini.

Membersihkan Memori atau RAM Laptop

Cara ketiga ini digunakan jika laptop serta layar nya menyala, tapi tidak ada gambar apa-apa atau hanya satu warna saja seperti abu-abu. Salah satu penyebabnya adalah memori RAM yang bermasalah atau rusak. Atau bahkan karena RAM tersebuy mengalami masalah lain.

Cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya, adalah dengan membongkar kemudian membersihkan RAM tersebut dengan hati-hati agar tidak merusak bagian yang lainnya.

Pertama bersihkan terlebih dahulu debu yang menempel dengan tisu, lalu bersihkan bagian kuningan RAM dengan penghapus sampai benar-benar bersih, pasang kembali RAM kalau sudah.

Nah, cara ini terbilang efektif, ialah ketika konektor RAM yang kotor, akan mengganggu RAM sehingga laptop tidak bisa membaca RAM dengan baik dan benar.

Melakukan Reset Baterai

Nah cara ini juga bisa menjadi cara untuk mengatasi laptop yang tidak mau menyala, kamu bisa mencoba memprajtikan nya dengan langkah ini. Pertama lepaskan baterai dari laptop kamu, lalu cabut kabel charger dari laptop yang kamu gunakan. Kemudian tekan dan tahan tombol power di laptop kamu selama kurang lebih 30 detik. Jika sudah lepaskan dan pasang kembali baterai laptop, dan sambungkan charger laptop seperti biasa.

Nah, setelah semuanya sudah terpasang dengan benar, coba nyalakan kembali laptop kamu. Srlamat mencoba dan semoga berhasil.

Akhir Kata

Demikian informasi cara paling mudah mengatasi laptop yang tidak bisa menyala. Semoga membantu dan bermanfaat bagi kamu yang laptop nya sedang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *