Begini Cara Paling Praktis Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

37 View

Dalam merawat laptop dengan baik dan benar perlu dilakukan supaya laptop maupun komputer kesayangan kamu jadi awet dan tak cepat rusak. Karena dalam menjaga laptop tak sedikit orang yang lalai dengan kondisi laptop yang dimilikinya, dan berakhir rusak. Olehnya itu kamu perlu mengetahui dan memahami Cara terbaik Merawat Laptop ini dibuat agar laptop milikmu jadi awet dan tak mudah cepat rusak.

Meski sama-sama perangkat elektronik dengan smartphone yang sering kali kita gunakan. Namun dalam hal menjaga Cara Merawat Laptop membutuhkan caranya sendiri dan ketekukan sendiri dalam menjaganya. Tentunya hal ini tak terlepas dari perasaan puas karena barang yang kita gunakan dalam kondisi bersih dan mulus tanpa adanya bagian yang rusak.

Setiap barang elektronik, sudah tentu harus dirawat sedemikian rupa supaya tak terjadi sesuatu di kemudian hari apalagi sampai memgalami kerusakan yang fatal. Meski dalam kondisi masih baru sekalipun.

Meski tak seratus persen bisa menjamin kesehatan dari setia bagian komponen nya dari laptop yang kamu milik. Namun kami cukup yakin bahwa Cara paling peraktis Merawat Laptop yang baik dan benar dapat perpanjang masa pakainya. Sangat mudah di lakukan hingga kamu tentunya tidak akan kerepotan dalam melakukan perawatan laptop.

Cara Paling Praktis Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Cara merawat laptop tentunya sama saja bagi semua merk, yang penting kita tahu fungsi dari laptop yang kita miliki, dan jangan sampai menggunakannya berlebihan hingga batas kemampuan laptopnya. Karena hal tersebut yang akan mempermudah kerusakan terjadi pada laptop. Dan cara untuk merawat laptop seperti di bawah ini perlu kamu terapkan agar laptop yang kamu miliki tetap awet.

1. Hindari Bermain Game Dalam Waktu Lama

Kali ini bahwa bermain game adalah hal yang wajar di lakukan oleh semua orang, terlebih bila yang kamu miliki termasuk kategori gaming. Namun, penting di ingat bahwa laptop tidak didesain untuk dapat digeber dalam waktu yang cukup lama untuk gaming layaknya seperti komputer. Bahkan dengan berada di ruang ber-ac sekalipun atau sudah ditambah dengan cooling pad, Cara Merawat Laptop satu ini harus diperhatikan baik-baik.

2. Perhatikan Suhu Laptop

Nah merawat Laptop berikutnya ialah dengan selalu perhatikan dengan baik suhu laptop. Banyak sekali faktor yang pengaruhi suhu laptop ini, termasuk di antaranya suhu ruangan dan sistem pendinginan tambahan yang dapat jadi solusi untuk menjaganya tetap optimal.

Jika suhu laptop yang terlalu panas akan hasilkan throttling yang berarti penahanan performa oleh laptop tersebut supaya tak rusak karena adanya hantaran panas. Untuk dapat dengan mudah pantau suhu dari laptop, kamu dapat gunakan bantuan aplikasi HWInfo atau semacamnya lainnya.

3. Gunakan Pendingin Laptop

Sebenarnya banyak sekali sebutan untuk pendingin laptop, mulai dari cooling pad, kipas laptop, dan mesin pendingin laptop.Cara Merawat Laptop yang bisa kamu terapkan adalah dengan gunakan pendingin laptop tersebut untuk menjaga agar laptop kamu tidak dalam keadaan panas.

Selain mampu turunkan suhu dari laptop kesayangan kamu. Kehadiran pendingin laptop ini benar-benar dibutuhkan karena mampu masukkan sirkulasi udara dingin ke dalam laptop yang kamu gunakan. Bahkan bila sobat Satupos.com bisa gunakan laptop stand sekalipun yang tanpa kipas, yang akan berguna juga untuk sirkulasi udara pastinya jauh lebih baik.

4. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Kebutuhan tiap individu akan sebuah aplikasi tentu dapat berbeda-beda kegunaanya. Cara Merawat Laptop berikutnya yang bisa kamu praktekkan adalah dengan hapus aplikasi yang sekiranya jarang digunakan atau sudah tidak penting lagi buat kamu.

Karena banyaknya aplikasi yang terpasang bisa jadi lambatkan waktu booting sistem secara keseluruhan bagi kinerja laptop. Di mana masalah ini akan erat hubungannya dengan background process yang tentunya habiskan porsi dari RAM yang tersedia di dalamnya. Jaadi, kamu perlu perhatikan cara satu ini dengan menghapus aplikasi yang sekiranya jarang digunakan lagi.

Akhir Kata

Nah itu dia cara praktis untuk kamu merawat Laptop agar tidak mudah cepet rusak. Semoga informasi di atas dapat bermnafaat. Sekian dulu pembahasan kali ini dan terimakah tekah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *