Menu Tutup

Ide Bisnis online terbaru layak untuk dicoba

  • 22
    Shares

 

Bisnis online terbaru
Bisnis online terbaru

Perkembangan bisnis online di Indonesia saat ini berkembang semakin pesat dan banyak ide Bisnis online terbaru. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang yang mulai menggeluti bisnis online, dari mulai jual beli online sampai jualan konten. Perkembangan ini tidak lepas dari pengaruh teknologi.

Dari semua jenis bisnis online, toko online menjadi salah satu dari jenis model bisnis yang paling diminati saat ini. Pasalnya, dengan kelebihan yang dimilikinya, toko online menjadi pilihan alternatif dalam jual beli barang lewat internet.

Bisnis online terbaru Bukan hanya di Indonesia saja, ternyata perkembangan bisnis online juga berevolusi hingga hampir ke seluruh dunia. Pertumbuhan pemakai internet dan pengguna toko online terus meningkat seiring perkembangan sistem keamanan dan kenyamanan yang semakin ditingkatkan.

Perkembangan bisnis dengan menggunakan media toko online atau e-commerce terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal ini diimbangi dengan bertambahnya tingkat pengguna internet dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Perkembangan tersebut selaras dengan perkembangan pengguna internet di seluruh dunia. Bahkan, dengan semakin tingginya pengguna internet, khususnya di Indonesia. potensi berbisnis secara online semakin terbuka lebar.

Jenis Bisnis Online
Pada dasarnya, perkembangan bisnis online di Indonesia sendiri meliputi beberapa macam usaha. Usaha-usaha itu pun masih terbilang mudah dan gampang, terlebih lagi untuk pemula.

Banyak sekali jenis bisnis online yang beredar, tapi tidak semuanya dapat diadaptasikan menjadi bisnis karena ada bisnis yang memerlukan usaha yang lebih dan bahkan ada bisnis yang memungkinkan untuk seseorang tidak mengeluarkan modal.
Lalu, apa saja bisnis online yang banyak diminati saat ini? Kali ini kita bagi menjadi 2 kategori bisnis online yaitu :

  • Bisnis online dengan modal.
  • Bisnis online tanpa modal.

Berikut ini beberapa bisnis online terbaru yang menurut banyak orang perlu mengeluarkan modal.
Bisnis online modal kecil sampai besar.

Bisnis online terbaru

1. Toko online

Toko Online atau bahasa kerennya Online shop menjadi Bisnis online terbaru yang ngetrand. Dikerjakan siapa saja tanpa memandang jenis jender maupun kedudukan seseorang . Anda bisa menjadi Reseller, dropsipher atau membuka lapak sendiri di marketplace seperti bukalapak, tokopedia, shopee dan lazada lalu memasarkan produk yang ingin dijual.

Nah, untuk memasarkan ini juga perlu adanya strategi jitu untuk memikat hati konsumen sehingga tertarik dengan produk yang Kita pasarkan. Banyak produk yang bisa dipilih, mulai dari fashion, elektronik , perabotan rumah tangga dan lain lain. Bagaimana cara memulai bisnis toko online simak lebih lanjut.

2. Kursus secara online

Untuk bisnis online yang ini karakter atau basic anda harus lah seorang guru atau orang yang memiliki pengalaman menjdi publik speaking selanjutnya anda dapat membuka jasa les private secara online dan sebaiknya anda perlu mengeluarkan modal untuk membeli peralatan untuk membuka les privat online ini mulai dari mic kamera dan lain lain. saat ini trend kursus secara online sangat popular Bisnis online terbaru di seluruh dunia. simak lebih lanjut kursus online

Ada berbagai metode kursus online misalkan:

  • Dengan video call (Video Converence ).
  • Tutorial bertahap melalui ebook + video.

Anda dapat menggunakan platform sosial media maupun platform lain yang dapat mendukung aktivitas kursus online anda.

3. Menjual foto di internet ( Photografer )

Anda seorang photografer ? saat nya anda kembangkan bisnis anda ke bisnis online , anda dapat menjual hasil pemotretan anda dan mendapatkan penghasilan tambahan.
Berikut websitenya Silahkan buka situs besar untuk menjual gambar hasil karya anda.

  • Pixabay.com
  • Pexel.com
  • iStockPhoto.com
  • ShutterStock.com

Situs situs tersebut menggunakan berbagai metode untuk pembayaran penghasilan dari jualan foto. Silahkan Anda teliti terlebih dahulu tempat menjual foto online.

4. Bisnis online terbaru translator

Pekerjaan menerjemahkan bahasa saat ini masih sangat dibutuhkan. Seperti terjemahan untuk bahasa inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Bagaimana cara memulainya?
Untuk langkah awal, Anda bisa bergabung di beberapa situs dibawah ini.

Anda jugA bisa menggunakan sosial media dan bergabung di berbagai forum online untuk menemukan calon kostumer anda.

Apa saja tips sukses menjadi translator ?

  1. Kuasai satu atau bahasa Asing secara mahir
  2. Miliki kemampuan menulis pada masing masing bahasa
  3. Buat portfolio
  4. Gabung bersama komunitas

5. Menjual jasa desain grafis

Penghasilan seorang desain grafis bisa mencapai ratusan juta tiap tahunnya. Tentu mereka sudah profesional dan pengalaman. Portfolio mereka sangat fantastis, dari sinilah mereka mampu mendulang profit besar karena adanya kepercayaan dari konsumen.

Untuk itu, Anda harus berusaha lebih keras lagi agar bisa membuat portfolio yang handal hebat dan berkualitas agar konsumen Anda mau membayar mahal karya anda.

Manfaatkan situs berikut ini untuk melakukanpenjualan produk anda

  • Fiverr.com

Setelah usaha berkembang pesat, Anda dapat membuka website pribadi agar lebih terlihat profesional.

6. Bisnis online terbaru jual beli domain

Sebuah nama domain yang menarik dan bagus bisa dihargai 100 USD hingga 100000 USD. Bahkan bisa lebih dari perkiraan itu nilainya.
Sungguh nilai yang fantastis bukan?

Padahal ketika anda membeli nama domain tersebut harganya sangatlah murah paling cuma 8 USD. Tapi karena nama domain tersebut menarik, bagus dan langka, harga domain tersebut bisa naik 100 kali lipat.

Selain itu ada lagi beberapa teknik bisnis online nama domain dengan cara melihat backlink domain yang sudah expired dan mengumpulkan domain yang sudah expired tersebut melalui lelang atau auction.

Silahkan Anda kunjungi situ berikut ini

  • expireddomains.net
  • GoDaddy.com
  • NameCheap.com
  • dll

Cobalah belajar bagaimana cara mencari nama domain yang menarik. Seperti dengan membeli domain yang sudah expired kemudian dijual kembali. Tapi Anda harus memperhatikan history domain tersebut. Semakin baik historinya maka semakin mahal.

7. Jualan audio online

Apakah Anda hobi musik? Bisa membuat musik ?
Nah usaha bidang Audio ternyata juga ada lho. Yaitu membuat musik intro atau background kemudian anda dapat menjual di internet.
Anda bisa menjualnya di website berikut

Banyak sekali pembisnis membuat iklan yang mencari musik di secara online. Biasanya mereka menggunakan musik tersebut untuk menghindari copyright, sehingga mereka sanggup membeli musik untuk suara latar belakang video mereka agar menjadi musik original.

Selain itu, para Vlogger juga mencari musik berbayar untuk usaha mereka. Bukan hanya pengiklan saja.

8. Bisnis online terbaru bidang jasa travel dan tiket

Bagi Anda yang hobinya kesana kemari alias traveling. Tidak ada salahnya Anda mencoba memanfaatkan bisnis travel online karena lebih mudah untuk dijalankan dan anda pun sudah terbiasa traveling sehingga dapat menjadi pengalaman anda untuk memulai bisinis online travel ini dan juga Anda hanya membutuhkan perangkat komputer dan koneksi internet saja serta peralatan media cetak seperti printer untuk memulainya .

Walaupun demikian, bukan berarti Anda bisa mencapai sukses dengan mudah. Ada beberapa strategi agar dapat berjalan dengan sukses yaitu anda

  • Hobi dengan traveling.
  • Membuat nama brand yang menarik.
  • Memanfaatkan social media.
  • Pintar promosi.
  • Pelayanan yang memuaskan.
  • Memperluas networking atau jaringan bisnis.

Bisnis online jasa travel akan terus mengalami pertumbuhan jadi anda harus dapat mengetahui trend tempat yang sangat diminati orang.

9. Bisnis online dengan membuka les musik

Sekolah musik pasti akan ramai diminati, baik dari kalangan remaja, orang tua hingga anak anak. Alhasil, bisnis sekolah musik menjadi bisnis yang sangat menjanjikan jika Anda jago dibidang musik.

Jika Anda seorang pemusik dan anda sangat hobi dengan musik, Anda dapat mencoba memberikan les musik secara online anda dapat mengambil kesempatan tersebut untuk membuka kursus musik secara online.

Bukan itu saja , Anda juga bisa menjual produk peralatan musik di internet. Jadi, bisnis Anda bisa jalan di 2 posisi sekaligus.

Bisnis online terbaru
Bisnis online terbaru

10. Bisnis online jastip

Bisnis online Ini bisa sangat berhubungan dengan e-commerce, tapi lebih condong ke jasa bisnis online. Jastip singkatan dari jasa titip, yang tepatnya yaitu jasa titip membelikan sesuatu di berbagai tempat.

Jika anda mau membuka jastip anda haruslah memiliki akun media sosial, terutama Instagram. Cara kerjanya mudah saja yaitu anda penyedia jastip mengunggah sebuah produk yang ditawarkan untuk dibelikan, lalu anda menerima order dari pengguna jastip.

Contoh di tempat anda ada produk yang tidak ada di tempat lain , anda dapat menawarkan jasa titip anda kepada pengguna jastip , begitulah contoh singkatnya.

11. Bisnis online berinvestasi saham

Saat ini saham dapat dibeli secara online, anda cuma butuh mendaftar pada industri sekuritas yang sah, misalnya BNI sekuritas, indopremier, Mirae sekuritas ataupun mandiri sekuritas.

anda dapat menjadikan investasi saham ini bagaikan Bisnis online terbaru yang sangat menguntungkan di masa depan.

12. Menjual makanan secara online

kesempatan Bisnis online terbaru ini sangat prospek. Saat ini begitu banyak makanan yang dijual online tidak ada salah nya anda mencoba berjualan online jika memang anda memiliki keahlian dalam membuat makanan. anda dapat menjual makanan secara online melalui web toko online anda sendiri apa bila anda memilikinya, ataupun lewat sosial media seperti Instagram dan Facebook.

anda dapat memilah produk makanan yang tahan lama,
Triknya dengan preorder, serta di jual di lingkup wilayah dekat saja untuk memulai tahap awal.

Bisnis online tanpa modal
Mungkin ada yang beranggapan sulit untuk melakukan bisnis online tanpa modal? Walau sebetulnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Ada banyak contoh kisah sukses menjalankan bisnis online sekalipun dengan modal yang terbatas.
Ingin tahu apa saja daftarnya? Lihat di bawah ini.

13. Blogger atau Youtuber

Anda memiliki wawasan luas, suka membaca, membuat puisi, atau bercerita atau artikel-artikel lain yang bermanfaat bisa Anda buatkan blog tersendiri. Selain menambah dan berbagi wawasan, hal ini bisa mempunyai nilai lebih jika Anda bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

Copywriter juga menjadi trend bisnis yang menjanjikan, dengan setiap copyan kata yang didaur ulang akan membuat menarik minat customer kemudian ketika Anda sudah mempunyai keahlian, Anda bisa mengembangkannya menjadi blogger, wordpress hingga menjadi penulis handal dan terkenal.

Bisa juga yang sukanya berinovasi atau kreativitas, dikembangkan dengan membuat chanel youtube. Ini memanglah bukan hal yang mudah, namun bisa jadi dengan bakatmu yang terus dikembangkan itu bisa menjadi pundi-pundi rupiah yang tak bisa disangka. Maka dari itu, apa salahnya mencoba dan terus berlatih hingga mencapai kesuksesan nanti.

14. Penulis lepas

penulis lepas dapat dibilang bisnis yang cukup populer saat ini. Semua Bisnis online terbaru situs yang ada di internet, pastinya membutuhkan tulisan/artikel untuk membuat postingan di website mereka. Tulisan atau artikel yang berkualitas tentang informasi produk atau jasa yang ditawarkan menentukan reputasi website.

Kemudian, yang lebih menarik adalah tidak semua orang mampu membuat artikel berkualitas. Di sinilah letak peluang bisnis itu muncul dan anda bisa memaksimalkan jika memang itu adalah keahlian Anda.

15. Bisnis online terbaru jasa SEO

Google yang merupakan mesin pencari terkenal saat ini. Anda yang memiliki keahlian SEO dapat membuat bisnis online layanan SEO ( Search Engine Optimization). Jasa ini dapat membatu para pebisnis online untuk memperoleh trafik yang besar. Trafik yang bagus merupakan kunci suksesnya penjualan dalam bisnis online.

Mekanisme kerja dari jasa SEO yaitu melaksanakan optimalisasi website supaya gampang ditemui dalam mesin pencari google tersebut.
Pertumbuhan bisnis online yang pesat serta orientasi owner usaha lebih ke fokus produk serta layanan yang mau dijual membuat para pelakon bisnis tersebut sedikitnya menelantarkan aspek yang berarti ini.

Hingga dari itu, penyedia jasa SEO jadi sangat diperlukan. Mekanisme serta kemampuan yang diperlukan antara lain mencari kata kunci serta kompetitor, content marketing, optimasi struktur web, monitoring backlink, serta pula analisa informasi dari Google Analytics.

Bisnis online terbaru
Bisnis online terbaru

16. Bisnis online terbaru affliliate marketing

Asal Anda sudah memiliki traffic pengunjung yang potensial dari internet entah itu dari social media, blog atau akun youtube bisa Anda jadikan sumber penghasilan jutaan hingga ratusan juta dengan memasang link affiliate. Affiliate produk yang banyak peminatnya saat ini dari produk-produk toko online seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan sejenisnya.

Affiliate sendiri dalam dunia offline seperti makelar barang, mereka tugasnya hanya memberitahu saja, jika terjadi sales maka akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan diawal. Pada bisnis online tanpa modal ini, affliasi salah satu peluang yang sangat menjanjikan untuk dicoba.

18. Membuat mobile apps di Apple IOS dan Android

Nah ini model bisnis online yang lagi tren banget yaitu membuat app di smartphone Apple IOS( iPhone based) ataupun di Android.
Anda jago coding sebaiknya anda mencoba menawarkan jasa anda dalam pembuatan aplikasi karena saat ini begitu banyak para pembisnis online yang mau mengembangkan bisnisnya dengan menambah mobile aplikasi pada layanan mereka.

Nah disitulah letak peluang nya anda bisa menawarkan kepada mereka yang membutuhkan. Atau anda mempublis aplikasi anda sendiri ke appstore dan playstore lalu memasang iklan pada aplikasi and , dan mulailah menghasilkan uang tanpa perlu keluar modal uang cukup luangkan waktu dalam membuat aplikasinya.

19. Bisnis online endorser di instagram

Media sosial Instagram ternyata tidak hanya berfungsi sebagai ajang pamer foto serta video hasil jepretan saja. Melainkan, Ia juga bisa dijadikan ajang bisnis online tanpa modal penghasil uang. Namun, Anda harus memiliki kemauan serta tekad yang kuat untuk melakukannya dengan percaya diri.

Instagram bisa menghasilkan uang jika Anda membuka jasa endorse atau mengiklankan sebuah produk orang lain. Dari situ akan didapatkan biaya promosi dari pihak pengguna layanan atau pemilik usaha yang ingin diendorsekan.

Namun, jasa endorse tersebut biasanya sangat laku jika Anda telah memiliki banyak follower hingga berubi-ribu. Hal yang perlu dilakukan pertama kali yaitu, memastikan bahwa pengikut merupakan real akun dan bukan fake akun.

Cara Memulai Bisnis Online Terbaru

Karena saat ini begitu banyak orang bisa sukses di bisnis online. Setidaknya hal ini menunjukkan bahwa peluang bisnis online sangat terbuka lebar dan saatnya bagi anda memulainya.

Kedepan akan banyak bisnis online terbaru, juga akan banyak produk bermunculan di bisnis online. Apa sebabnya? Karena bisnis online dipandang sangat menggiurkan untuk meningkatkan perekonomian.

bisnis online terbaru
bisnis online terbaru

1. Kenali tren bisnis online terbaru

Sebelum memulai bisnis online pertama anda, ada baiknya anda banyak membaca dan melakukan riset tentang tren peluang usaha saat ini. minimal, anda melakukan survei kecil-kecilan tentang usaha yang banyak digemari. Selain mengenali tren, pastikan juga bisnis online yang dibuat merupakan usaha yang bisa terus dikembangkan. Dengan begitu, usaha tersebut bisa bertahan lama dan disesuaikan dengan kemajuan zaman.

Ada banyak ide bisnis online di atas yang bisa anda pelajari. Mulai dari yang tanpa modal hingga yang bermodal.
Misalnya, anda memiliki kemampuan desain, anda bisa memanfaatkan kemajuan internet sekarang untuk menjual karya desain anda Dan juga bertransformasi menjadi sebuah produk baru yang anda buat.

2. Pelajari kompetitor bisnis online

Bingung dengan langkah yang mau ambil? anda bisa mempelajari usaha sejenis dari saingan bisnis anda. Bukan untuk meniru produk, tapi anda cukup mempelajari cara kerja mereka. Dengan begitu, bisa memiliki gambaran langkah seperti apa yang diperlukan.
Setelah itu, bisa menyesuaikan dengan bisnis online yang akan anda mulai. Jika anda belum memiliki cukup pengalaman, cara ini cukup ampuh untuk menolong. Selain kompetitor, anda juga bisa belajar dari jenis usaha lain.

Meskipun tidak sepenuhnya sama, anda bisa saja mendapat ide atau inspirasi baru. anda juga bisa ikut workshop yang mempertemukan anda dengan pelaku usaha lain dan belajar dari mereka. Cara ini bisa mengembangkan jaringan dan meluaskan pengetahuan. Yang pastinya, bisa bermanfaat untuk kemajuan bisnis online milik anda.

3. Siapkan modal

Banyaknya modal bisnis online yang dibutuhkan tergantung pada bisnis yang nanti dipilih. Jika memulai bisnis online dengan menjual karya desain, mungkin tidak butuh dana besar.Namun, jika ingin membuka bisnis makanan kekinian lengkap dengan kafenya, mungkin dana yang dikeluarkan cukup besar.

Bisnis online memang memungkinkan untuk memangkas sejumlah pengeluaran. Bahkan, ada juga bisnis online yang dimulai dengan modal nol rupiah, tapi itu semua balik lagi ke produk yang akan dijual. Jika anda memproduksi barang yang memerlukan bahan baku, tentu anda harus menyiapkan modal untuk hal tersebut.

Ditambah lagi, jika anda ingin mengembangkan usaha, anda juga perlu untuk menyiapkan dana lebih besar, misalnya dana untuk iklan di media sosial. Oleh karena itu, perlunya menyiapkan dana yang cukup.

Namun, jangan berpikiran harus menyiapkan modal besar saat pertama memulai. Banyak juga pelaku usaha yang memulai dengan dana terbatas dan tetap berhasil. Intinya, anda perlu menyiapkan dana di awal untuk memulai bisnis online.

4. Promosikan bisnis online yang sudah dijalankan

Meski hanya usaha rumahan atau bisnis online kecil-kecilan, promosi tetap harus maksimal.Enaknya, sesuai dengan namanya, bisnis online bisa akan dipromosikan melalui berbagai media sosial. Jualan melalui instagram atau facebook sudah merupakan hal yang umum sekarang ini. anda sendiri kadang mencari akun media sosial terlebih dahulu sebelum membeli sebuah produk, bukan?

Nah, sesuai dengan kebiasaan tersebut, perlunya menerapkan cara yang sama saat menjual produk. Usahakan media sosial produk anda aktif dan lakukan promosi di sana. Sebisa mungkin apa yang anda inginkan sebagai pelanggan, anda berikan juga kepada pelanggan. Tanggapi setiap pertanyaan dan komentar dengan ramah sehingga memberi kesan yang baik dan profesional.


  • 22
    Shares
  • 22
    Shares

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *