Menu Tutup

Cara memulai bisnis toko online

  • 4
    Shares

Toko online
Cara memulai toko online

cara memanfaatkan e commerce yang ada di indonesia untuk memulai berbisnis toko online, yang dibutuhkan cukup sederhana yaitu laptop, handphone yang sudah mendukung koneksi internet, anda sudah bisa membuat toko online untuk berjualan online. Banyak situs jualan online yang gratis yang populer di indonesia antara lain Tokopedia, bukalapak, dan shopee dan lain lain.

Lalu bagaimana sih cara jualan di toko online tersebut ? kita akan memberikan informasi singkatnya saja. Alasan orang berjualan di toko online karena merasa aman seperti kita ketahui metode pembayaran menggunakan rekber alias rekening bersama selain itu telah menyiapkan fitur fitur untuk menjual barang.

Cara berjualan di toko online pun sederhana saja Sehingga proses jual beli begitu mudah. berjualan di bukalapak tokopedia dan shopee seperti situs jual beli online lainnya adalah gratis, sehingga tidak memikirkan sewa lapak atau toko seperti cara jualan konvensional atau bahkan jika kamu membuat website sendiri yang harus membayar hosting setiap bulan. Selain itu penjual dan pembeli pun tidak dipungut biaya atas semua transaksi.

Berikut rekomendasi toko online menurut kami :

1. Toko online bukalapak

Toko online
Bukalapak.com

Bukalapak merupakan salah satu situs toko online terkemuka di Indonesia yang melayani jual-beli online dari pelanggan ke pelanggan. Bukalapak menyediakan lapak yang dapat digunakan oleh siapapun yang ingin membuka usaha jual beli secara online. Dengan slogan khasnya yaitu “jual-beli online mudah dan terpercaya” Bukalapak berhasil menggaet banyak penjual baik usaha perorangan hingga usaha besar.

Untuk mendaftar silahkan kunjungi web resmi Bukalapak yaitu bukalapak.com lalu mengikuti langkah selanjutnya setelah itu klik “jual Barang”. Dengan terdaftar di akun Bukalapak, secara otomatis anda sudah menjadi penjual sekaligus pembeli. Kini anda dapat melengkapi data lapak seperti mengganti header, set nama user, logo lapak, deskripsi lapak dan informasi dasar lainnya. Informasi ini penting sebagai daya tarik konsumen terhadap lapak anda. Untuk mengelola transaksi/order yang anda terima disini ada 5 status pengiriman :

  • Menunggu

 (Barang telah dipesan oleh pembeli tapi belum membayar)

  • Dibayar

 (Pembeli sudah membayar ke bukalapak, jadi seller sudah bisa mengirim barang ke pembeli)

  • Dikirim

(input nomer resi dan status akan berubah jadi barang sudah dikirim)

  • Diterima

(Barang sudah diterima oleh pembeli kemudian saldo akan masuk ke dompet bukalapak kita)

  • Selesai

(Uang hasil penjualan sudah ditransfer ke rekeningmu)

 

Source : bukalapak.com

2. Tokopedia

Toko online
Tokopedia.com

Tokopedia adalah salah satu marketplace toko online lokal yang sangat populer. Menjadi pembeli ataupun penjual di tokopedia sama untungnya. Bagi pembeli, belanja di tokopedia akan lebih aman karena fitur escrow atau rekening bersama. Sebaliknya, bagi penjual akan sangat terbantu karena fitur di tokopedia sangat lengkap mulai dari inventori hingga ke promosi.

Berjualan di toko online marketplace seperti tokopedia adalah salah satu peluang bisnis yang masih prospektif. Kita bisa berjualan dengan memanfaatkan marketplace ini untuk menjangkau pelanggan seluas-luasnya. Selain itu, untuk berjualan di tokopedia kita tidak perlu membayar alias gratis (meski ada biaya jika anda ingin upgrade ke gold member). Fitur dasar yang ditawarkan juga sangat mempermudah kita mengorganisir barang, menjadwalkan pengiriman, hingga mempromosikan produk.

Untuk persiapan berjualan di tokopedia, hal yang pertama dibutuhkan adalah anda harus mempunyai akun tokopedia terlebih dahulu silahkan daftar di situs resmi tokopedia.com ikuti langkah langkah yang sudah di sediakan tokopedia.

Source tokopedia.com

3. Toko online shopee

Toko online
Shopee.co.id

Apa itu Shopee? Pada dasarnya semua marketplace memiliki fungsi dan tujuan yang sama, yaitu tempat menjual berbagai macam produk dengan menyediakan tempat. Tak hanya menyediakan tempat bagi penjual saja, tetapi para pembeli yang ingin mencari produk keinginannya pun dipersilakan untuk mencari lewat Shopee.

Sebelum memulai pembuatan akun Shopee, maka ada beberapa poin yang harus dimiliki. Berikut ini beberapa hal-hal yang dibutuhkan untuk membuat akun shopee:

  • Nomor telepon yang masih aktif
  • Alamat email aktif

Pembuatan akun Shopee ini dapat dilakukan dengan menggunakan 2 komponen di atas. Jika belum memiliki email, maka sangat disarankan untuk membuat email terlebih dahulu. Untuk langkah langkahnya bisa ikuti di situsresmi shopee.co.id

Source shopee.co.id

mohon maaf sekali jiks kalau ada yang kurang dalam pencerahannya memulai toko online dan semoga bermanfaat buat anda yang ingin berjualan di beberapa toko onlinedi atas terima kasih.


  • 4
    Shares
  • 4
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *