Menu Tutup

Cara mengatur keuangan pribadi


Mengatur keuangan pribadi bisa dikatakan mudah-mudah gampang, asalkan ada komitmen yang melakat dalam diri serta mampu dilakukan dalam kurun waktu tertentu akan menjadi pengaruh besar dalam suksesi pengaturan keuangan. jangan sampai gaji sebulan cuma numpang lewat saja , karena hampir separuh penghasilan habis untuk bayar kebutuhan hidup Kalau kondisi tersebut sering terulang, berarti ada yang salah dengan cara mengatur keuangan pribadi kita.

Tips Mengatur keuangan pribadi

1. Mengatur arus keluar masuk keuangan

Mengatur keuangan pribadi
mengatur budget img unsplash

Meski hal ini terkesan sederhana untuk dilakukan, namun pada kenyataannya tidak semua orang yang sungguh-sungguh membuat budget untuk diatur keuangannya secara lebih baik.

Cobalah untuk menerapkan hal ini untuk mengatur budgetuang yang Anda keluarkan. Contohnya adalah jika Anda memiliki gaji Rp 5 juta, dan Anda ingin menabung sebesar Rp 2 juta setiap bulannya, maka Anda dapat menggunakan Rp 4juta lainnya untuk memenuhi biaya hidup, seperti:

  • Biaya makan satu bulan: Rp 1juta
  • Biaya pulsa internet: Rp 150ribu
  • Kebutuhan sehari-hari (pasta gigi, sabun muka, dan kebutuhan lainnya.): Rp 200ribu
  • Bensin: Rp 250ribu
  • Uang darurat: Rp 400ribu
  • Bayar Cicilan: Rp 1juta

Kalau sudah di-break down begini, pastinya sangat mudah untuk mengatur aliran keuangan Anda.

2. Mengatur keuangan pribadi perlu berhemat

Mengatur keuangan pribadi
Menahan diri img unsplash

Cara mengatur keuangan pribadi di usia muda yang bisa dilakukan ialah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan manusia terbagi menjadi tiga, yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Pertama, kebutuhan primer yang terdiri dari sandang, pangan dan papan. Pemenuhan terhadap kebutuhan primer ini menjadi bagai yang paling utama dalam kehidupan karena merupakan kebutuhan yang bersifat darurat atau kebutuhan dasar.

Kedua, kebutuhan sekunder yang terdiri dari semua kegiatan tidak vital atau tidak seperti kebutuhan primer yang menjadi kebutuhan dasar tetapi tetap dibutuhkan untuk menghilangkan rintangan dan kesukaran. Misalhnya, televisi, meja, kursi, handphone, dan lainnya.

Ketiga, kebutuhan tersier anda yang mencakup kegiatan lebih jauh dari hanya kenyamanan saja tentunya. Kebutuhan tersier ini lebih mengarah kepada kemewahan seseorang atau kebutuhan yang dapat melengkapi hidup dan menghiasi hidup tersebut.

Sementara keinginan adalah segala kebutuhan lebih terhadap barang atau jasa yang ingin dipenuhi setiap manusia pada sesuatu hal yang dianggap kurang.

Nah, nafsu dan keinginan bisa muncul kapan saja. Apalagi, kalau lagi jalan-jalan ke mal. Melihat papan diskon besar, kamu langsung ingin membeli seluruh barang-barang tersebut.

Memang susah menahan diri, tapi daripada kelaparan di akhir bulan, lebih baik tahan dulu belanja yang tak perlu. Ingat, diskon bisa terjadi setiap saat. So, sabar saja!

3.Mencari penghasilan tambahan

Mengatur keuangan pribadi
mencari tambahan img unsplash

Meski sudah memiliki pendapatan tetap, sebaiknya anda mencari penghasilan tambahan untuk mengatasi tingginya biaya hidup.

Untuk mencari penghasilan tambahan, biasanya ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari mencari pekerjaan tambahan, membuka bisnis dan berjualan online

Di era digital seperti saat ini, mencari peluang untuk kita yang telah bekerja penuh waktu untuk juga mengambil pekerjaan tambahan secara online.

Adapun beberapa pilihan penghasilan tambahan secara online yang bisa dicari seperti desain grafis online, penulis artikel, hingga menjual foto di situs penyedia foto. Atau pilihan lainnya, bisa coba peluang bisnis modal kecil yang bisa mendongkrak pendapatan kita setiap bulannya!

4. Berhematlah Dalam Urusan Makanan agar keuangan tetap stabil

mengatur keuangan
mengatur keuangan img unplash

Apa saja yang Anda inginkan untuk dimakan, hampir dalam sekejap dapat ditemukan, mulai dari makanan bergaya kebaratan, asia, bahkan makanan khas Indonesia sekalipun.

Tetapi, pastinya santapan yang Kamu makan direstoran hendak dengan kilat menghabiskan kocek secara berlebih. Bila Kamu tidak mau kehilangan duit di dikala bertepatan pada tua, cobalah buat mengendalikan diri dalam memilah santapan yang dimakan. Perihal ini bukan berarti Kamu tidak bisa makan di restoran loh! Ingat, Kamu senantiasa bisa menikmati santapan di restoran, cuma saja Kamu wajib mengendalikan intensitasnya bila Kamu memanglah merasa duit yang dipunyai mau diporsikan buat hal- hal yang lebih berarti di masa depan.

5.  Berinvestasi

Berinvestasi
Berinvestasi img unsplash

Gunakan pemasukan lebih anda untuk berinvestasi. Saat ini sudah banyak orang-orang  melakukan investasi. Berbagai macam jenis investasi juga tersedia untuk orang-orang yang berada pada masa dewasa awal, yang mungkin belum bisa mendapat pemasukan sendiri. Jenis investasi yang banyak dilakukan yaitu berupa saham atau reksadana. Selain mendapat keuntungan, pengetahuan mengenai investasi juga akan bertambah.

Demikianlah tulisan tentang cara mengatur keuangan pribadi di usia muda  semoga bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *