China Hadapi Perlambatan CPI Dan Juga PPI

37 View

Satupos.comChina Hadapi Perlambatan CPI Dan Juga PPI. Tidak hanya inflasi konsumen, penurunan juga terjadi pada inflasi produsen. PPI China bahkan terjun ke daerah deflasi untuk pertama kalinya dalam 2 tahun.

Inflasi konsumen China naik 2,1 persen tahun-ke-tahun pada bulan Oktober, kurang dari ekspektasi untuk kenaikan 2,4 persen. Inflasi konsumen juga melambat dari kenaikan 2,8 persen pada bulan sebelumnya.

Julian Evans-Pritchard dan Zichun Huang dari Capital Economics mengungkapkan bahwa, ” inflasi harga konsumen China mereda setelah mencapai level tertinggi 20 Bulan pada bulan September dan tetap di bawah target langit-langit pemerintah sebesar 3,0 persen. Kami memperkirakan prospek CPI China akan tetap dalam kisaran rendah di kuartal mendatang.”

Secara lebih rinci, kenaikan harga pangan hanya mencapai 7 persen setelah melonjak 8,8 persen secara tahunan. Sementara itu, harga non pangan juga turun dari 1,5 persen menjadi 1,1 persen.

Inflasi konsumen inti tidak termasuk makanan dan energi tumbuh 0,6 persen pada bulan Oktober. Angka ini menunjukkan tidak ada perubahan dari bulan sebelumnya.

Baca Juga :

Inflasi Produsen Memasuki Zona Deflasi

Data inflasi produsen (PPI) yang dirilis bersamaan dengan CPI juga melemah. Bahkan, angka PPI tergelincir ke zona negatif untuk pertama kalinya sejak akhir 2020.

Ini turun menjadi -1,3 persen, berbanding terbalik dari kenaikan tahun lalu yang mencapai level tertinggi 26 tahun 13,5 persen.

Namun demikian, kenaikan PPI China pada Oktober 2022 sedikit lebih baik dari perkiraan pasar -1,5 persen.

Seorang analis dari Capital Economics memperkirakan bahwa tren PPI China akan tetap negatif untuk sebagian besar tahun 2023. Hal ini disebabkan normalisasi dampak prestasi mengesankan tahun lalu.

Dong Lijuan, ahli statistik senior di nbs Institute mengatakan, ” pada bulan Oktober, permintaan pasar benar-benar meningkat di beberapa industri, tetapi masih data PPI tahunan memburuk dari basis yang lebih tinggi di tahun sebelumnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *