Jenis Obligasi untuk Diinvestasikan di Pasar Keuangan

49 View
Header:

satupos.com – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan mengenai Jenis Obligasi untuk Diinvestasikan di Pasar Keuangan.

Apakah Anda baru mengenal pasar saham India dan merasa bingung hanya dengan menyebut istilah keuangan seperti saham, surat utang, saham, obligasi, ekuitas, dll.?.

Nah diartikel berikut ini kami akan memberikan penjelasannya untuk Anda mengenai Jenis Obligasi untuk Diinvestasikan di Pasar Keuangan, selamat menyimak.

Baca juga:

Jenis Obligasi untuk Diinvestasikan di Pasar Keuangan

Jenis Obligasi untuk Diinvestasikan di Pasar Keuangan
Jenis Obligasi untuk Diinvestasikan di Pasar Keuangan

Untuk memulainya, Anda perlu mengetahui berbagai jenis investasi. Pada dasarnya ada tiga jenis investasi yang berbeda:

1. Investasi jangka pendek

Investasi jangka pendek Jenis investasi ini dilakukan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Mereka dibuat berdasarkan berita terkini atau pada grafik analisis teknis.

2. Investasi jangka menengah

Investasi jangka menengah Jenis investasi ini dilakukan selama beberapa bulan yang bahkan dapat berlangsung selama beberapa tahun. Mereka dibuat berdasarkan analisis hasil keuangan triwulanan atau analisis fundamental.

3. Investasi jangka panjang

Investasi jangka panjang Jenis investasi ini dibuat untuk jangka waktu yang lebih lama yang berlangsung selama beberapa tahun; untuk misalnya 3-5-10 tahun, dll.

Mereka dibuat setelah menganalisis secara menyeluruh dasar-dasar perusahaan dan prospek pertumbuhannya di masa depan.

Jenis investasi ini umumnya bebas dari volatilitas harian (naik turun) pasar dan harga sahamnya.

Ada banyak cara berbeda untuk menginvestasikan uang; yang berbeda satu sama lain, tergantung pada faktor risiko dan jumlah pengembalian yang mereka berikan.

Cara umum di mana Anda dapat menginvestasikan uang Anda meliputi:
Obligasi
Surat utang
Saham
Reksa dana
Berjangka
Emas
Perumahan
Valas

Ada banyak ketidakpastian di zaman sekarang, terutama dalam investasi. Obligasi umumnya dianggap sebagai pilihan investasi yang baik bagi investor karena berjangka pendek dan kurang berisiko, dibandingkan dengan ekuitas.

Mereka adalah sarana investasi uang dengan meminjamkan uang kepada orang lain. Mereka adalah instrumen utang yang dikeluarkan oleh pemerintah, perusahaan dan entitas lain untuk membiayai proyek atau kegiatan.

Ini adalah pinjaman yang diberikan investor kepada penerbit obligasi. Surat utang juga merupakan instrumen utang yang menjamin pembayaran kembali pokok pinjaman beserta bunganya kepada pemegang obligasi.

Ini adalah dokumen yang menciptakan hutang atau mengakuinya. Seringkali istilah yang digunakan secara bergantian dengan obligasi, surat utang seperti sertifikat pinjaman.

Harga satu saat pertama kali diterbitkan biasanya sejumlah uang yang dipinjamkan dan disebut sebagai nilai nominal obligasi.

Dalam pertukaran pinjaman ini investor menerima bunga yang dikenal sebagai kupon obligasi. Mereka dikeluarkan untuk jangka waktu tertentu seperti 1 tahun, 3 tahun atau bahkan 30 tahun.

Ketika akhir periode waktu ini tercapai, penerbit harus membayar kembali pinjaman kepada investor.

Misalnya, jika Anda ingin memperluas perusahaan dan menambah jumlah toko; Anda bisa menerbitkan obligasi ke publik daripada langsung ke bank.

Misalkan Rahul membelinya dengan nilai nominalnya- INR 1000 dengan tingkat bunga 8% (kupon) dengan jangka waktu 10 tahun.

Rahul akan mendapatkan 8% dari INR 1000 selama 10 tahun, yaitu INR 80 per bulan. (8% dari INR 1000)

Pada saat jatuh tempo, pada akhir 10 tahun, Anda dapat mengembalikan investasi INR 1000. Rahul juga bisa menjualnya sebelum waktu jatuh tempo.

Perusahaan sering mengeluarkannya untuk mendanai proyek modal, sementara pemerintah mengeluarkannya untuk proyek publik.

Ketika Anda membeli satu, obligasi yang Anda beli akan menunjukkan jumlah uang yang dipinjam (nilai nominal), tingkat bunga (tingkat kupon atau hasil) yang harus dibayar peminjam selama jangka waktu, pembayaran bunga (pembayaran kupon). ) serta tenggat waktu untuk membayar uang kembali ke perusahaan.

Misalnya, Anda ingin memulai toko alat tulis Anda sendiri dan memerlukan sejumlah modal untuk memulai. Anda memperoleh dana yang diperlukan dari seorang teman dan menuliskan tanda terima pinjaman ini.

Anda baru saja membeli obligasi (IOU) dengan meminjam uang dari teman Anda yang merupakan penerbit yang sama.

Ada berbagai jenis obligasi yang tersedia di pasar saham India. Beberapa di antaranya adalah:

1. Obligasi Korporasi

Obligasi Korporasi Obligasi jenis ini diterbitkan oleh perusahaan untuk meningkatkan modal.

Mereka biasanya ditawarkan oleh perusahaan swasta di India untuk jangka waktu yang bahkan dapat bertahan hingga 15 tahun.

Ada jumlah risiko yang lebih tinggi di sini karena tergantung pada perusahaan yang mendukung obligasi, industri negara, kondisi pasar, dan arus investasinya.

Namun, ada pengembalian yang lebih tinggi pada jenis investasi ini. Mereka dapat berupa konversi atau non-konversi.

2. Obligasi Pemerintah (‘Public Sector Undertaking bond’)

Obligasi Pemerintah (‘Public Sector Undertaking bond’) Ini diterbitkan secara langsung oleh Pemerintah atau oleh Unit Sektor Publik (PSU) di India.

Ini biasanya didukung dengan keamanan dari Pemerintah. Mereka umumnya ditawarkan dengan tingkat bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis obligasi lainnya.

2. Bank & obligasi lembaga keuangan lainnya

Bank & obligasi lembaga keuangan lainnya: Ini diterbitkan oleh lembaga keuangan dan bank di India. Investor skala besar adalah investor terpenting dalam kategori ini.

3. Obligasi Penghematan Pajak

Obligasi Penghematan Pajak Ini dikeluarkan oleh pemerintah India dan memungkinkan warga negara untuk dibebaskan sebagian atau seluruhnya dari pembayaran pajak.

Kebanyakan dari mereka diterbitkan oleh Bank Cadangan India dan biasanya obligasi lima tahun di mana bunganya dibayarkan setiap setengah tahun.

4. Obligasi Pasar Berkembang

Obligasi Pasar Berkembang Ini dikeluarkan oleh pemerintah India dan diterbitkan sebagai mata uang keras untuk membantu meningkatkan modal bagi pembangunan ekonomi di negara-negara dunia ketiga.

Mereka diterbitkan dalam dolar ES atau Euro sehingga menarik bagi investor.

Header:

Keberhasilan obligasi ini terkait dengan keberhasilan pembangunan ekonomi negara.

Header:

Leave a Reply

Your email address will not be published.