Penjelasan ECB Siap Naikkan Suku Bunga Dan Euro Malah Melorot

42 View
Header:

Satupos.comPenjelasan ECB Siap Naikkan Suku Bunga Dan Euro Malah Melorot. EUR / USD melemah sepanjang sesi perdagangan Eropa pada Jumat (10 / Juni) sore. Pasangan ini masih tertekan oleh pengumuman Bank Sentral Eropa (ECB) kemarin yang ternyata mengecewakan pasar.

Pada saat rilis berita ini, EUR / USD bergerak di kisaran 1,0601 atau melemah 0,12 persen setiap hari. Indeks dolar naik 0,1 persen pada level 103,42.

Baca Juga :

Kebijakan ECB tidak memenuhi harapan

Dalam pengumuman kebijakannya, Bank Sentral Eropa hampir pasti akan menaikkan suku bunga pada bulan Juli.

Namun, kenaikan suku bunga “pertama” ini sejak 2011 hanya berjumlah 25 basis poin. Bahkan, pelaku pasar sebelumnya memperkirakan kenaikan suku bunga ECB menjadi 50 basis poin.

Kekecewaan pasar tumbuh setelah ECB tidak memberikan kejelasan tentang kenaikan suku bunga yang berkelanjutan dalam beberapa bulan mendatang.

Setelah September, Dewan pembuat kebijakan akan secara bertahap dan hati-hati mengantisipasi kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Mengacu pada komitmen awal untuk target inflasi jangka panjang sebesar 2 persen, sikap Dewan pada kebijakan moneter akan tergantung pada data ekonomi yang akan datang dan bagaimana ia akan menilai inflasi jangka menengah

Pasar mencerna jika ECB kemungkinan akan kembali ke kenaikan suku bunga lebih dari 25 basis poin pada bulan September jika inflasi tetap sangat tinggi. Namun, jika inflasi telah dimoderasi setelah kenaikan suku bunga Juli, ECB berpotensi mengecilkan skala kenaikan suku bunga.

Dalam waktu dekat, pasar akan menyoroti data inflasi AS Mei yang akan dirilis malam ini. Angka inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan kemungkinan akan menjadi katalis bagi dolar AS untuk menguat lebih lanjut karena memiliki potensi untuk mendorong kenaikan suku bunga Fed lebih agresif pada pertemuan kebijakan berikutnya.

Header:

Akhir Kata

Demikianlah ulasan yang dapat admin sampaikan mengenai Penjelasan ECB Siap Naikkan Suku Bunga Dan Euro Malah Melorot ini. Semoga dengan ulasan yang admin berikan bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Header:

Leave a Reply

Your email address will not be published.