Ternyata Inflasi Australia Capai Rekor Tertinggi 21 Tahun

163 View
Header:

Satupos.comTernyata Inflasi Australia Capai Rekor Tertinggi 21 Tahun. Inflasi Australia melonjak pada kuartal kedua, tetapi Dolar Australia sebenarnya melemah karena penurunan ekspektasi kenaikan suku bunga RBA.

Inflasi konsumen Australia dilaporkan naik dari 5,1 persen menjadi 6,1 persen secara tahunan pada kuartal kedua 2022. Meski di bawah ekspektasi 6,2 persen, inflasi kali ini merupakan rekor tertinggi dalam 21 tahun.

Namun, data dari Biro Statistik Australia juga mencatat bahwa inflasi konsumen melambat dari 2,1 persen menjadi 1,8 persen dalam perhitungan kuartalan.

Sementara itu, inflasi inti mencapai 4,9 persen secara tahunan, jauh melebihi target RBA hanya 2-3 persen.

Baca Juga :

Serangkaian kenaikan suku bunga oleh RBA dalam beberapa bulan terakhir belum mampu meredam gejolak inflasi. Menanggapi kondisi ini, RBA kemungkinan akan menaikkan suku bunga lagi pada pertemuan 2 Agustus.

Dolar Australia Jatuh Justru Karena Ini

Data inflasi Australia yang melonjak selama kuartal kedua gagal menopang pergerakan Dolar Australia versus dolar AS. AUD / USD malah melemah 0,05 persen dari harga pembukaan harian dan diperdagangkan di sekitar 0,6933.

Pelemahan tersebut disebabkan oleh prospek kenaikan suku bunga RBA yang turun dari 75 bps menjadi 50 bps.

Sebagai informasi, reli AUD dalam beberapa hari terakhir memang didorong oleh ekspektasi kenaikan 75 bps, setara dengan proyeksi kenaikan suku bunga Fed yang akan diumumkan besok pagi.

Menurut Ray Attrill dari National Australia Bank, Pasar telah menghilangkan kemungkinan kenaikan suku bunga RBA sebesar 75 bps, dan itulah sebabnya ada pergerakan turun dalam Dolar Australia Saat ini.

Akhir Kata

Silahkan kalian simak simak dengan baik informasi yang sudah admin sajikan diatas. Karena dengan informasi tersebut, kalian akan mengetahui mengapa Inflasi Australia Capai Rekor Tertinggi 21 Tahun ini

Header:

Demikianlah informasi yang dapat admin berikan mengenai Ternyata Inflasi Australia Capai Rekor Tertinggi 21 Tahun ini. Semoga dengan informasi yang admin berikan bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Header:

Leave a Reply

Your email address will not be published.