MRG Vs Finex Mana Yang Lebih Baik Untuk Trading Emas?

41 View

Satupos.com MRG Vs Finex Mana Yang Lebih Baik Untuk Trading Emas? MRG vs Finex adalah dua broker lokal yang unggul dalam perdagangan emas. Dengan keunggulan masing-masing kondisi trading emas, mana yang tepat untuk anda? Temukan jawabannya di artikel ini.

Sebagai mata uang tertua di dunia, emas telah ditransaksikan oleh berbagai lapisan masyarakat dengan berbagai cara, yaitu konvensional (fisik) dan online atau online.

Hal ini menjadikan emas sebagai aset komoditas paling populer di dunia dengan kapitalisasi pasar terbesar mencapai 11 triliun dolar AS.

Selain menawarkan likuiditas tinggi, logam Emas memiliki pergerakan tren harga naik yang besar. Dikenal sebagai aset safe haven, emas memiliki posisi unik dalam sistem politik dan ekonomi dunia, membuatnya menarik bagi investor ketika ada ketidakpastian di pasar, seperti selama gejolak politik dan ekonomi.

Tak heran jika akhirnya trading emas bisa memberikan peluang untuk mendapatkan keuntungan besar. Selain emas fisik, ada jenis opsi investasi emas lain yang dalam beberapa tahun terakhir sudah mulai booming, yaitu perdagangan emas online.

Mengapa perdagangan emas online jauh lebih menyenangkan daripada emas fisik? Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda capai saat trading emas secara online, mulai dari berinvestasi dalam jumlah kecil, penyimpanan yang mudah dan aman, dan bisa mendapatkan keuntungan meski harganya turun.

Lalu apa? Salah satu cara untuk bisa trading emas secara online adalah melalui broker atau perusahaan pialang berjangka.

Melihat meningkatnya minat dalam trading emas online, sekarang hampir semua broker membuka layanan ini sehingga semua orang dapat berpartisipasi dalam mendapatkan peluang dari pergerakan harga emas. Tentu saja, memilih broker penyedia trading emas yang berkualitas adalah langkah awal yang harus diperhatikan.

Dari sekian banyak broker lokal yang diatur, ada dua perusahaan pialang berjangka terkenal yang unggul sebagai perantara perdagangan emas online. Kedua broker tersebut adalah MRG Mega futures dan Finex.

Sekilas tentang broker MRG dan Finex

PT. Finex futures atau yang lebih dikenal dengan Finex broker juga merupakan salah satu broker lokal berpengalaman yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2012.

Dalam Perpres tersebut, Finex tidak diragukan lagi karena telah memperoleh izin dari Bappebti dengan Nomor: 47/BAPPEBTI/SI / 04 / 2013.

Broker Finex mengoptimalkan layanannya pada perdagangan emas dan perak, menawarkan spread rendah, Eksekusi Pasar cepat, berita harian tentang pasar, serta analisis teknis yang diperbarui secara berkala.

Selain itu, Finex juga telah memenangkan penghargaan Best Indonesian Broker 2021 oleh Majalah Indonesian Award.

Baca Juga :

Antara broker MRG vs Finex untuk perdagangan emas

Apa yang bisa menjadi perbandingan kedua broker ini? Ada beberapa aspek perbandingan antara MRG vs Finex yang mungkin menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memilih broker lokal untuk trading emas. Berikut perbandingannya:

Kondisi Penyebaran

Salah satu pertimbangan utama ketika memilih broker adalah kondisi spread yang ditawarkan. Spread adalah selisih antara harga jual (bid) dan beli (ask) dari mata uang yang diperdagangkan.

Semakin besar ukuran spread, tentu akan membuat resiko trading jauh lebih besar. Jadi, broker yang menawarkan spread rendah akan terlihat lebih menarik di mata para trader.

MRG Mega Futures adalah salah satu dari banyak broker lokal yang menawarkan spread yang cukup kompetitif. MRG Mega futures Broker menggunakan spread variabel (mengambang) mulai dari 3 pips hingga 4 pips untuk perdagangan emas. Sementara di broker Finex, spread mengambang mulai dari 2,5 Pips dan 5 pips untuk spread tetap.

Jumlah Komisi Perdagangan

Aspek selanjutnya yang perlu Anda Bandingkan adalah jumlah komisi. Komisi Perdagangan adalah jumlah biaya transaksi yang dibebankan kepada pedagang untuk setiap lot yang diperdagangkan, jadi semakin kecil komisi yang dibebankan kepada pedagang, semakin baik.

Broker hanya akan membebankan komisi $ 8 / lot pada akun silver, tetapi pada dua jenis akun lainnya $30 / lot dan $20 / lot.

Sementara itu, broker Finex membebankan komisi mulai dari $ 3 – $ 50/lot tergantung pada jenis akun perdagangan yang digunakan.

Leverage

Faktor berikutnya yang perlu dipertimbangkan untuk perdagangan emas adalah leverage. Ini adalah fasilitas broker yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan transaksi modal yang anda miliki. Semakin tinggi rasio leverage yang digunakan, tentu daya transaksi trader akan semakin besar.

Dalam hal ini, kedua broker memberikan rasio leverage yang berbeda. Leverage yang tersedia di MRG Mega futures brokers adalah 1: 100 dan 1: 200, sedangkan broker Finex hanya 1: 500.

Tentu saja hal ini dapat sangat membantu Anda berdagang emas dengan modal kecil. Namun, perlu diingat bahwa leverage yang tinggi juga datang dengan risiko tinggi, terutama untuk pemula.

Opsi Lot

Menurut definisi, lot perdagangan adalah unit pengukuran transaksi pada instrumen keuangan yang terdapat di pasar keuangan. Secara umum, perdagangan lot dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Lot Reguler: 1 lot senilai 100.000 unit mata uang dasar.
  • Mini Lot: 0,1 lot setara dengan 10.000 unit mata uang dasar.
  • Lot mikro: 0,01 lot setara dengan 1.000 unit mata uang dasar.

Dalam aspek ini, baik broker MRG Mega futures dan Finex memberikan ukuran lot minimum yang sama, yaitu 0,1 lot. Perlu diingat bahwa ukuran lot dapat mempengaruhi jumlah hasil untung dan rugi.

Jadi, jika setiap transaksi Anda menggunakan lot besar, potensi keuntungan dan kerugian yang bisa diperoleh juga semakin besar.

Kecepatan Eksekusi

Karena likuiditas yang tinggi, trading emas tentu membutuhkan broker dengan kecepatan eksekusi yang tinggi untuk menghindari requote.

Ketidakmampuan broker untuk menanggapi eksekusi perdagangan pada harga yang diinginkan dapat merugikan pedagang, terutama pasar emas yang terkenal dengan fluktuasi harga yang tinggi.

Untuk menghindari requote, Anda dapat memilih broker yang mengklaim memiliki kondisi perdagangan bebas requote.

Dalam hal ini, broker MRG Mega futures dan Finex keduanya menjamin bahwa platform perdagangan mereka memiliki kecepatan eksekusi yang tinggi tanpa requote.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *